<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d31161794\x26blogName\x3dsederhana+,,,+tapi+ada\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jendalsepit-blog.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jendalsepit-blog.blogspot.com/\x26vt\x3d-7585426941227030627', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

nickname ..

Sunday, February 25, 2007

Seringkali kita menemui berbagai macam nama panggilan/samaran. Saya yakin, setiap orang yang memiliki nickname pasti ada filosofinya. Entah apapun itu. Sebenarnya Rasulullah SAW pernah bersabda yang intinya "Panggilah saudaramu dengan nama yang ia sukai". Hal ini juga pernah diterapkan oleh Rasulullah SAW kepada Aisyah RadhiAllahu 'Anha. Beliau (Aisyah r.a) biasa dipanggil humaira' atau yang dapat berarti 'yang kemerah-merahan' (karena wajah Aisyah yang putih berseri).
Saya pun akan sangat senang manakala ada sahabat2 yang memanggil dengan nama yang saya senangi. InsyaAllah.
Adapun untuk di dunia maya, walau dalam konteks yang berbeda, saya juga kerap menggunakan nama lain. Sebagai contoh :
1. jendalsepit | asalnya adalah sendal jepit, namun di pleset kan. Filosifinya sederhana, ya .. bermakna sederhana saja
2. malcolm shabbaz | nama ini saya dapatkan dari sebuah biografi (artikel). Malcolm diambil dari Malcolm X. Adalah nama seorang muallaf (dari nonmuslim ke muslim) berkebangsaan Amerika, keturunan Afrika. Dapat dibaca pada biografi singkatnya di sini. Ketika menjadi muslim, maka iapun mengubah namanya dengan nama hijrah El-Hajj Malik El-Shabbaz. Sedikit berbeda memang. Filosofinya ? Hijrah, perubahan ke arah yang lebih baik. Nama sebelum hijrah + Nama setelah hijrah : Malcolm Shabbaz. (Perlu diketahui, nama ini juga merupakan nama sebuah masjid yang ada di Amerika - Lihat Buku "Bukan Hanya di Negeri Dongeng karya Helvy Tiana Rosa dkk")
3. haizum | banyak sahabat2 saya yang bertanya, artinya apa ? Jujur, hingga saat ini sayapun juga belum mengetahui makna secara lughowinya (secara bahasa). Nama ini merupakan nama kuda yang digunakan oleh Malaikat Jibril saat turun membantu kaum muslimin pada perang Badr Kubra. Ya, Kudanya malaikat. Wallahu a'lam. Bisa ditemui pada buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shaffiyurrahman El Mubarakfury rahimahuLLAH. Halaman 278 footnote.

Sebenarnya masih banyak lagi, hanya saja ketiga nick inilah yang setahun belakangan sering saya gunakan.
Bagaimana dengan anda ? Apa makna dibalik id/nick/cybername anda ?

Tinggalkan Pesan


Convert to boldConvert to italicConvert to link